HATI-HATI dengan LIRIK LAGU SOUNDTRACK PIALA DUNIA

Ketika pertama kali mendapat videoINI, MATA INI BERKACA KACA

Kenapa berkaca-kaca, karena ketika berdiskusi dengan teman anthropolog yang jago sejarah, saya jadi tahu banyak tentang penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan dari bangsa barat. Dan mulianya kita.. adalah tetap berusaha menjadi mulia walau konsekwensinya adalah sering dijajah akibat pengkhianatan, tikaman dari belakang, penipuan, penelikungan perjanjian, yang terlalu sering dilakukan penjajah. Lirik lagu dari video K’NAAN ini mendorong saya untuk coba menerjemahkan agar Anda lebih mudah menangkap maksudnya. Bahwa penjajahan adalah pelanggaran HAM terbesar yang harus dihilangkan dari muka bumi. Itulah yang harus dilakukan OBAMA terhadap sikap dan tindakan ZIONIS Israel.


LIRIK

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

Lahir untuk sebuah tahta, lebih kuat dari roma, namun rawan kekerasan, zona orang melarat
Tapi ini rumahku, saya sudah tahu semua. Dimana saya tumbuh, kita akan jelajahi jalan jalan. (yang dimaksud adalah negaranya)

Namun keluar dari kegelapan, aku datang dari tempat terjauh, diantara perjuangan hidup terberat.
Belajar dari jalan jalan tersebut, ini bisa jadi suram, kecuali jika tanpa kekalahan menyerah mundur.

Oleh karenanya kami berjuang, bertempur untuk dapat makan dan kami bertanya-tanya kapan kami akan merdeka
Lalu dengan sabar kami menunggu, untuk hari yang dijanjikan itu, hari yang tidak jauh, maka sekarang kami katakan

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

Betapa banyak peperangan, penyelesaian skor, membawakan untuk kita janji janji, dan meninggalkan bagi kita kemiskinan.

Aku dengar mereka berkata, cinta adalah satu satunya jalan. Cinta adalah jawabannya, itulah yang mereka katakan.
Tapi lihat bagaimana mereka memperlakukan kita, membuat kita menjadi percaya

Kita bertempur untuk peperangan mereka, kemudian mereka menipu kita, lalu mencoba mengatur kita,
tapi mereka tidak mampu menahan kita sebab kita hanya bergerak maju seperti pasukan kerbau.

Dan kami berjuang, bertempur untuk dapat makan dan kami bertanya-tanya kapan kami akan merdeka
Lalu dengan sabar kami menunggu, untuk hari yang dijanjikan itu, hari yang tidak jauh, maka sekarang kami katakan

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

(oohh oohh oohh)
dan setiap orang akan menyanyikannya

(oohh oohh oohh)
dan kau dan aku akan menyanyikannya

(oohh oohh oohh)
and kita semua akan menyanyikannya
(oohh oohh oohh)

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

Saat aku bertambah umur, aku akan bertambah kuat
Mereka akan memanggilku kemerdekaan, seperti berkibarnya bendera
Dan kemudian itu kembali, kemudian itu kembali, kemudian itu kembali

Saat aku bertambah umur, saat aku bertambah umur
aku akan bertambah kuat seperti berkibarnya bendera,
seperti berkibarnya bendera seperti berkibarnya bendera
bendera, bendera, seperti berkibarnya bendera.

BANDINGKAN DENGAN VIDEO INI YANG LIRIK DAN ARANSEMENNYA ADA BANYAK PERUBAHAN DAN AKHIRNYA MENJADI OST FIFA WORLDCUP ANTHEM.

JAUH SEKALI BUKAN.. ARTINYA.
Coba cek lagi di youtube OK

sumber
http://pak-andi.blogspot.com/2010/03/hati-hati-dengan-lirik-lagu-soundtrack.html

video 10 MNT (LENGKAP) OBAMA DIPROTES SAAT PIDATO DI UNIV. NOTRE DAME, MUANTAFF

AKHIRNYA, ADA JUGA BELANGNYA…

Setelah sekian saat orang Indonesia, terutama yang memiliki hubungan khusus dengan obama saat kecil, baik teman, guru, pengasuh, dll, merasa cukup bangga maka  kini saatnya mereka harus menerima fakta bahwa OBAMA juga punya BAD SIDE.

Well, setahu saya…setahu saya lho… dalam syariat memang ada pembolehan aborsi, namun itu dengan alasan medis yang pasti, yang masuk dalam kategori darurat. Misalnya mengancam jiwa si ibu. wallahu’alam.

Tapi untuk amerika, sepertinya bukan ini yang mendasari.

well…

HEBOH STREET BALLER AMERIKA PAKE T SHIRT BERLAFAZHKAN ALLAH

ENTAH SADAR APA NGGAK, TAPI ORANG BULE INI BERAKSI DGN KAUS BERLAFAZHKAN ALLAH. YANG MUNGKIN JIKA DILIHAT DARI JARAK KURANG DARI 1 METER (PAS BELI TSHIRTNYA) GAK KENTARA TULISANNYA. Baca entri selengkapnya »

PM Turki Mencela Simon Perez “Pembunuh” di Forum Davos

Dalam pertemuan internasional ekonomi Davos, terdapat dialog antara PM Turki, PM Israel, Ban Ki Moon, dan perwakilan UAE. Dalam kesempatan itu, moderator yang memang bertugas “mengatur” kelancaran diskusi tampak mata meng’anak’tirikan PM TUrki. PM Israel mendapat kesempatan bicara selama 25 menit, sedangkan PM TUrki Recep Tayyip Erdogan tidak diberi kesempatan untuk bicara. Baca entri selengkapnya »

34 FOTO TITANIC| rangka, ketika karam, mesin, produk jadi, dan keWah-an lainnya

Foto Titanic Asli, Titanic, Kapal Titanic, Tragedi Titanic, Sejarah Titanic, RMS titanicIni baru sebagian mesin Titanic… Baca entri selengkapnya »

Wartawan dan Pers Bukan Halangan Buat Israel, so bunuh aja

Puluhan wartawan menggelar aksi unjuk rasa di Ramallah, Tepi Barat, Minggu (20/4) memprotes serangan yang dilakukan pasukan rejim Zionis Israel terhadap rekan mereka, Fadel Shanaa seorang juru kamera Reuters. Baca entri selengkapnya »

12 Hari Saja Korban Gaza 670 Orang

Dalam posting kali ini, saya coba kumpulkan semua foto tentang aksi pembantaian etnis palestina, dan juga reaksinya. Saya percaya..kebijakan logika dari blogger dan guest ke blog ini lebih layak ditampilkan dalam bentuk komentar. Saya tidak perlu Baca entri selengkapnya »

“Mau Gak SAYA PERKOSA”? kata si wanita cantik

Bayangkan jika kamu bertemu seorang wanita seperti ini, berwajah cantik, berkulit putih mulus, body ramping, berpakaian sopan/kerja, memiliki buah dada yang sulit ditutupi keindahan bentuknya karena menonjol (ukuran 38 D), berbokong padat, sedang menangis…dan bersimpuh dihadapanmu memohon belaian Baca entri selengkapnya »

3GP Aksi dan Face Close Up Pelempar Sepatu kpd Bush

seorang reporter Iraq yang tentunya kita percaya bahwa orang bodoh tidak mungkin diterima menjadi reporter, melakukan aksi pemberian hadiah berupa sepatu terbang kepada Presiden Bush. Berikut ini video yg saya maksud, saya embed Baca entri selengkapnya »

Ibu Paling Muda, 5 TAHUN SUDAH HAMIL

Ulfa istri Syekh Puji Masih Kalah Muda

Seandainya luthfiana ulfa yg skrg gak jelas beritanya itu mmg benar sudah hamil, maka beliau bukanlah cln Ibu paling muda…kenapa? karena di ujung gunung, pelosok pedesaan, perkampungan, saya yakin (krn di tayangkan di TV) masih banyak yg nikah hanya sah secara agama. Artinya persyaratan nikah dlm Islam yg -harusnya kan diyakini- sempurna, itulah yg dipenuhi. Konsekwensinya, kita hrus meyakini, seandainya memang suami ulfa ingin ber”aksi” dgn ulfa, maka tidak berdosa. Hanya saja, dgn sejarah, pengalaman hidup dw, pengalaman orang lain, yg dijadikan sejarah dan objek studi ilmiah, akhirnya ditetapkanlah umur “pantas” nikah adalah minimal 16 tahun (benerto).

Lina Medina

Lina Medina

Lina Medina (lahir 27 September 1933 di Paurange, Peru) melahirkan pada umur 5 tahun 7 bulan 21 hari dan tercatat sebagai Ibu termuda dalam sejarah medis.

Orang tua Lina membawanya ke Rumah Sakit krn bertambah besar perutnya. Dikira tumor, tetapi di Rumah Sakit menjadi jelas bahwa Lina hamil. Sebulan kemudia, 14 Mei 1939, putranya lahir melalui operasi caesar dikarenakan kecilnya pelvis (tulang panggul yang seperti mangkok)

Operasi dilaksanakan oleh Dr. Lozada dan Dr. Busalleu, dengan Dr. Colretta memberikan anaesthesia (penghilang rasa sakit). Sebelum operasi, Dr. Lozada telah membawanya ke Rumah Sakit di Lima untuk mengecek apakah Lina benar-benar hamil.

Kasus Lina ini didaftarkan Dr. Edmundo Escomel di La Presse Medicale.

Kembali ke Lina (PBH), putranya memiliki berat 2,7 kg pada saat lahir dan dinamai Gerardo. Gerardo meyakini bahwa Lina adalah kakaknya, tapi pada umur 10 tahun ia mengetahui fakta bahwa Lina adalah Ibunya. Gerardo tumbuh sehat dan meninggal pada tahun 1979 di umur 40 tahun dikarenakan penyakit Bone Marrow.

Menarche (menstruasi pertama) Lina terjadi saat berumur 8 bulan, dan mengalami pertumbuhan payudara yang nampak (menonjol) pada umur 4 tahun. Pada umur 5 tahun terjadi pembesaran pelvis (walupun akhirnya operasi caesar) dan pendewasaan tulang.


http://en.wikipedia.org/wiki/Lina_Medina

Michael Jakcson masuk Islam

Michael Jakcson masuk Islam
Berikut ini adalah sebuah komen di situs yang mendiskreditkan Islam, yaa…yg terlihat buatku adalah berita tentang michael jackson masuk Islam.

berikut isi comment tersebut…………

michael jackson aja masuk islam, yg masuk islam orang2 terkenal, orang2 cerdas, yg dimurtadkan biasanya orang yg doyan mie rebus….yg seneng duit 50rb utk gadaikan keislamannya, muslim KTP, muslimah gak suka jilbab. Ini kasus nyata, teman sy crita ttg om nya ygn miskin, kata omnya….krg lbh gni…”yaah kalo nanti ada agama slain kristen yg mau kasih duit lebih, sy juga mau pindah dr kristen…” stlh murtad dr islam,eeeehh kristen pun akan ditinggalkan asal dapat duitttt. hmmmmmm.

Michael Jackson

Michael Jackson

Ayoo ngakuu..kalian suka org lemah pikirannya to, lemah ekonominya, krn gak perlu kesadaran utk masuk kristen, asal ada mie rebus / duit uit uit

btw, sdh sunnatullah…manusia2 yg benci islam akan selalu ada. ini memang kesempatan berjihad utk membantah argumen2 orang2 kayak pengelola blog ini…hehe…jihad dengan tulisan…bkn ngebom orang maksiat…itu salah…wlo amrozy cs sodara kami. Buat yg sepikiran dgn amrozy cs, yaaa cobalah dakwah dengan cara lain, dan kasihan dong… masa orang lagi maksiat di bom, matinya su’ul khotimah tuh.

buat yg muslim, tolong jgn ikut2an mcemooh krn itu kerjaan org2 yg sakit hati..kita ini orang bahagia, gak ada keperluan buat cemooh agama lain. Kalo mau da’wah, yaa ajak baik2, toh manusia bisa mikir (contoh mikaeel “michael jackson”) nanti mereka milih dewe…manusia, dgn akal yg Allah berikan tentukan akan memilih yg terbaik.
Hayoo berani approve ini koment gaak?

Sy heran, kenapa org kyk kamu benci banget sama islam Allah dan RasulNya. Kmu merasa tau diri kamu , makanya gini…kalo kamu emg tau dirimu sendiri…pasti gak akan menjelek2an islam, Allah dan RasulNya.

Sy doakan, semoga Allah memberi hidayah agar kamu masuk islam, sebagaimana yesus mengajarkan islam. Nabi Isa A.S. termasuk nabi yg diberi kelebihan krn nanti turun untuk membunuh dajjal (eh kamu orang2nya dajjal yaaa…kok seneng amat benci islam)Nabi Isa AS. lahir tnpa Bapak, Nabi Adam AS lhr tnp Ibu Bpk, istrinya lahir dr Adam (tnp Ibu). Weleh2..kok bicara gen yaaa….hahaha …. komenku pasti paling diminati karena panjang…udah ah capek.

HAYOOOO…BERANI GAK TAMPILIN KOMENKUUUUUUUU….

…………….ada ada saja, oiya tentang michael jackson masuk Islam…td siang kulihat di TVone beritanya, berita sekilas yg ada di bagian bawah layar itu tuh. Setelah masuk Islam namanya berubah jadi mikaeel, persis spti yg ada di kutipan komen di atas

McDonald’s Tempat terburuk bagi Ibu Menyusui

McDonald’s Terbaik vs Terburuk

Ibu-ibu merangking McDonald’s sebagai tempat terburuk untuk menyusui

mcdonald's, menyusui, bayi, terburuk, tempat VS Kritik, ray, McDonald's, obesitas, anak

McDonald’s boleh membanggakan dirinya sebagai tempat paling bersahabat bagi anak-anak. Akan tetapi, rantai waralaba makanan cepat saji ini telah dirangking sebagai tempat terburuk di Inggris bagi wanita untuk menyusui.

Staffnya berkata kepada para Ibu untuk berhenti menyusui bayinya di dalam outlet, atau meminta para Ibu agar menggunakan toilet untuk menyusui bayinya. Sebuah survey oleh National Childbirth Trust (NCT) telah ditemukan.

Demelza Hall, seorang Ibu 27 tahun, menceritakan pengalamannya di McDonald’s Leicester membuatnya “merasa bahwa” hal itu tetap tidak bisa diterima, pada hari ini dan di waktu sekarang dalam hal menyusui bayi.

Dia pergi ke dalam outlet bersama Alexander bayi 6 bulannya, dan putrinya Jasmine yang berumur 8 tahun. Dia bertanya kepada salah seorang staf Mc Donald’s dimanakah ia bisa menyusui anaknya. “Saya diberitahu, ‘Anda bisa menyusuinya di toilet'”.

“Ketika saya menjelaskan padanya bahwa saya tidak menyusui di toilet karena saya tidak makan siang di dalam toilet, saya tidak di beri alternatif lain,” imbuhnya

Nyonya Hall lalu mencari tempat yang tersembunyi di dalam restoran tersebut. Dia berkata “Saya adalah orang dengan privasi yang tinggi. Saya mengenakan pakaian muslin -sejenis pakaian dari cotton/kapas- namun sayang beberapa wanita memandang saya dengan pandangan yang membuat saya merasa sangat tidak nyaman.”

Ironisnya, toko furniture Skandinavia Ikea dirangking sebagai tempat paling bersahabat untuk para Ibu untuk menyusui bayinya. Sementara itu, toko-toko seperti Asda, Tesco, Mothercare and Boots semua mendapat respon beragam.

Dirangking sebagai tempat paling tidak bersahabat bagi Ibu menyusui, McDonald’s dianugrahi penghargaan Booby (boob=buah dada,maaf) oleh NCT.

Pelawak Jo Brand, yang diamanahi memberikan penghargaan tersebut, mangatakan ” Hal yang ironis bahwa McDonald’s telah dianugrahi penghargaan Booby– menyusui harus seperti ‘fast-food’ sebagaimana yang diberikan McD. “Rosie Dodds, Policy Research Officer di NCT, mengatakan: “McDonald’s dan kebanyakan perusahaan-perusahaan besar lainnya membuat kebijakan positif bagi Ibu menyusui, tapi hal yang lebih penting adalah kebijakan-kebijakan tersebut diimplementasikan di lapangan.

“Kami menginginkan semua pengusaha memberikan informasi kepada stafnya tentang kebijakan menyusui perusahaannya dan melatih mereka untuk membuat aktivitas menyusui bayi menjadi nyaman”

Survey NCT menemukan 79% Ibu-ibu akan memformalkan hukum untuk menjamin hak para wanita untuk menyusui di ruang publik, untuk menjadi landasan hukum di Inggris dan Skolandia.

Juru bicara McDonald’s mengatakan: “Kami bertujuan menciptakan atmosfer dimana Ibu yang menyusui merasa nyaman, dan aktivitas menyusui selalu diizinkan di dalam ruang makan”

Penulis menyadur dari

http://www.independent.co.uk

Obama Terus Ungguli McCain Menjelang Debat Terakhir

Washington – Menjelang debat kepresidenan terakhir, popularitas Barack Obama

terus terdongkrak. Capres AS dari Partai Demokrat itu terus melejit meninggalkan

rivalnya, John McCain dari Partai Republik.

Dalam polling terbaru ABC News/Washington Post, Obama meraih dukungan 53

persen suara. Sedangkan McCain hanya mendapat 43 persen suara. Demikian

seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (13/10/2008).

Hampir 9 dari 10 pemilih terdaftar mengaku khawatir akan arah perekonomian

nasional. Sebanyak 55 persen pemilih menyebut ekonomi sebagai satu-satunya

masalah paling penting dalam pemilihan presiden tahun ini.

Dalam polling tersebut terungkap, para pemilih lebih percaya kepada Obama

untuk memimpin mereka melalui masa-masa sulit dalam krisis finansial yang

melanda AS. Obama meraih dukungan 53 persen suara dalam hal ini sedangkan

McCain mendapat 37 persen suara.

Polling ini melibatkan 1.101 orang dewasa. Survei dilakukan melalui telepon

pada 8-11 Oktober.

Sejumlah polling lainnya juga menunjukkan tren serupa: Obama terus

mengungguli McCain. Kedua capres AS itu akan kembali berhadapan dalam

debat kepresidenan pada Rabu, 15 Oktober waktu setempat. Debat tersebut

merupakan yang ketiga bagi Obama dan McCain atau yang terakhir

menjelang pemilihan presiden AS pada 4 November mendatang.(ita/iy)

sumber: http://www.detiknews.com/read/2008/10/13/162032/1019399/10/

jelang-debat-terakhir,-obama-terus-ungguli-mccain

Asteroid Raksasa Tabrak Bumi

Asteroid Raksasa Tabrak Bumi

DENGAN deskripsi yang terasa realistis, dua buah film produksi Hollywood, Armageddon dan Deep Impact cukup berhasil mencekam penontonnya dengan penggambaran kiamat yang melanda bumi. Dengan visualisasi yang seolah apa adanya, inferno atau kehancuran yang sangat menakutkan itu terdeskripsikan lewat hujan meteor dan tubrukan asteroid dengan planet bumi.

Sebuah telaahan, baik dari segi perhitungan maupun pengamatan astronomis yang dilakukan seorang astronom AS Don Yeomans pada 24 Juli 2002, memprediksi, pada 1 Februari 2019 akan jatuh sebuah asteroid NT7 dengan diamater sekira 1,5-2 km akan menabrak bumi!

Atau, dalam jangka waktu yang lebih lama daripada itu ada juga asteroid 1950DA. Ukurannya sebesar gunung dan menurut para astronom, ia memang sudah berada pada jalur lurus dengan bumi. Salah satu skenario terburuk yang terungkap, 1950DA akan menubruk sasaran layaknya air. Ini disebabkan planet kita mengandung lebih banyak air ketimbang daratan.

Ketika asteroid itu jatuh ke permukaan air, ia akan melayang sejenak. Tatkala menyentuh dasar lautan, ia akan meledak menciptakan sebuah kawah seluas 11 mil. Gelombang air dan reruntukannya akan diterbangkan beberapa mil ke angkasa, dengan ketinggian mencapai tingkat yang bisa dicapai pesawat jet. Kalau Anda pernah menyaksikan film Deep Impact, persis seperti itulah yang terjadi.

ITB Mengenai Asteroid dan Benda Angkasa

Sebagai sebuah komparasi, staf pengajar Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Suryadi Siregar, MSc. sempat memaparkan dalam sebuah talk show astronomi di Kampus ITB beberapa waktu lalu, bahwa hal serupa sempat beberapa kali terjadi terhadap “planet biru” kita, yang hingga saat ini masih dianggap menjadi satu-satunya planet yang berpenghuni.

“Pada 109 tahun lalu, sebuah asteroid menabrak bumi di Arizona, membuat sebuah lubang dengan kedalaman 190 meter dan diamater 3300 meter. Hal serupa terjadi di Wolf Creek, Australia, membuat cekungan sedalam 18 meter dan luas 170 meter, juga di Wabar, Arab Saudi, yang dampaknya hampir sama dengan di Australia,” tuturnya.

Lalu, ujarnya, pada 30 Juli 1908 di Tunguska terjadi guncangan besar yang gaungnya bisa terdengar dari jarak 60 km. Direkam dari jarak 1000 km, berat guncangan itu diperkirakan mencapai 40.000 ton. Kendati hingga kini masih dipandang kontroversial, karena ada sementara kalangan yang menyebut kejadian itu bukan karena asteroid namun oleh jatuhnya komet Emcke, toh fenomena astronomis jatuhnya benda langit ke bumi, merupakan keniscayaan.

Widya Sawitar, salah seorang pengurus Planetarium Jakarta mengungkapkan pada kesempatan serupa, contoh musnahnya dinosaurus dari muka bumi yang diduga berkait dengan jatuhnya asteroid berdiameter sekira 10 km, dalam wujud meteor raksasa ke bumi, 65 juta tahun lalu. “Meteor itu jatuh di Jazirah Yucatan Meksiko membentuk Kawah Chicxulub (Ekor Selatan) berdiamater 200-300 km, dan kedalaman 3 km, yang menjadi bagian dari Teluk Meksiko. Namun, sekira 8 juta tahun sebelumnya, telah didahului dengan terbentuknya Kawah Manson di Ohio bergaris tengah 35 km,” ungkap Widya.

Kondisi-kondisi serupa memang banyak ditemukan dari hasil penelitian. Juga kemungkinan terjadinya hal serupa di masa depan. Salah satunya adalah prediksi asteroid NT7 di atas, atau hasil temuan Scotti (6 Desember 1997) bahwa asteroid 1997XF11 ditaksir akan mendekati bumi pada 28 Oktober 2028. Termasuk asteroid 1950DA.

“Tapi, khusus untuk prediksi 2019, kemungkinannya kecil karena untuk bisa menabrak ada syarat inklinasi (kemiringan sudut–red.) tertentu, yang tidak terpenuhi pada perhitungan asteroid NT7. Kendati begitu, ancaman lain tetap ada pada asteroid lain yang menjadi kandidat untuk ‘menemui’ bumi. Meski kadang, media memang membesar-besarkannya demi menarik perhatian pembaca,” kata Suryadi.

Kembali ke 1950DA, sebetulnya termasuk berukuran kecil dibandingkan asteroid lainnya. Tapi, sebuah asteroid terkecil sekalipun sanggup memusnahkan sebuah kota dalam tumbukan langsung. Dan jangan lupa, di atas sana masih ada banyak batu-batuan luar angkasa. Salah satunya sempat luput menabrak bumi, dengan hanya berjarak 75.000 mil pada Juni 2002 lalu.

Tapi, kita masih boleh bergembira. Sebab kabar baiknya, 1950DA masih berada 877 tahun perjalanan dari bumi. Lagipula, kemungkinannya untuk benar-benar menabrak planet kita dan menyebabkan skenario sebagaimana terpaparkan di atas hanyalah 1:300. Simulasi tentang skenario tabrakan itu sempat dilakukan ilmuwan Steven Ward dan Erik Asphaug dari Universitas California, Santa Cruz.

Sekalipun terdapat lebih banyak lagi 1950DA bahkan dengan ukuran lebih besar, kedatangan mereka akan lebih lambat ketimbang ditemukannya senjata pemusnah asteroid yang kini juga terus dikembangkan. Meskipun dengan bantuan dana yang sangat minim. Lagipula, sekelompok ilmuwan, banyak di antaranya yang bekerja hanya dilatari semangat dan idealisme ketimbang bantuan nyata pemerintah, bekerja keras untuk mencari metode ampuh melumpuhkan asteroid, sebelum jaraknya semakin dekat dengan Bumi.

NASA sudah lebih dari setengah jalan meneliti asteroid dan komet yang akan berada pada jarak terdekat dengan bumi yang disebut “objek dekat bumi” atau NEOs (near earth objects) yang luasnya lebih dari satu kilometer. Para ahli memperhitungkan bahwa kemungkinan sebuah objek dengan ukuran tersebut dan bisa menabrak bumi pada abad mendatang adalah hanya satu dari ribuan lainnya. Namun, dampak yang ditimbulkannya akan sangat luas.

Setelah para astronom mengamati asteroid dengan teleskop, mereka menggunakan penjejak radar untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh kemana arah asteroid itu. Demikian pula, berapa kecepatannya, dan apakah orbitnya di sekitar matahari akan melewati Bumi. Sebelum 1950DA diperkirakan akan berhadapan dengan Bumi pada 1880, asteroid itu akan memutari matahari 400 kali, sementara Bumi akan melengkapi 876 orbit.

Bagaimanapun, para astronom menegaskan bahwa fenomena astronomis sebagaimana terpapar di atas adalah hal yang wajar dan niscaya. Ancamannya memang mengerikan, tapi itu merupakan gejala alam yang wajar dan memang sebuah keniscayaan. Yang justru lebih mengerikan bahwa kehancuran bumi bukan kerena asteroid, tapi karena ulah penghuninya yang memang berlangsung pelan tapi pasti. Populasi bumi semakin membengkak, bahan pangan sudah semakin terkuras, polusi di mana-mana. Teknologi memang sudah maju, tapi penggunaannya tidak semata diarahkan untuk kesejahteraan manusia, tapi lebih untuk memerangi manusia lainnya.

Kalau sudah begitu, fenonema astronomi sebagaimana dipaparkan di atas, agaknya harus dipandang sebagai peringatan untuk menggugah kesadaran kita, bahwa keserakahan (greed) tak bakal membuat kekal manusia. Bahkan, kemungkinan ketika tabrakan asteroid itu menjadi “gong penutup” kehidupan di muka bumi alias kiamat, itulah memang yang terdeskripsikan dalam berbagai kitab suci agama.(Erwin Kustiman/berbagai sumber)

Tetap cari duit…hehe.